Sabtu, 22 Agustus 2009

Membakar CD Dari File Explorer Windows XP

Kembali ke proses bakar membakar CD, tetapi kali ini yang ingin saya tunjukkan adalah cara membakar file apa saja kedalam sebuah CD melalui jendela My Computer atau File Explorer. Biasanya hal ini dilakukan untuk menghemat waktu, dibandingkan menggunakan software Nero. Koq Nero terus ya yang diserang...? Hanya sekedar mengajak rekan-rekan memanfaatkan apa yang telah ada didalam sistem komputer Windows XP saja, tidak ada niat lain.

Langsung saja, langkah-langkah membakat file kedalam CD dengan cara yang sedikit lebih cepat daripada menggunakan software lain, seperti ini:

1. Buka My Computer atau File Explorer dan cari file yang ingin dibakar, lalu pindahkan file tersebut ke Driver CD-ROM anda, bisa di Drag, bisa juga di Copy-Paste, atau dengan klik kanan Mouse dan pilih menu Send To kemudian dari pilihan yang muncul pilih CD-ROM yang terpasang dikomputer anda.


2. Masih di File Explorer, masuk ke drive CD-ROM dan file yang anda pindahkan tadi akan muncul didalam drive CD-ROM ini tapi dengan tampilan yang sedikit berbayang, ini dinamakan Temporary File.


3. Ada dua cara untuk membuka jendela CD Writing Wizard, yang pertama dengan klik kanan di area kosong drive CD-ROM dan pilih menu Write These File to CD, dan jendela CD Writing Wizard pun akan muncul. Cara kedua adalah dengan Toolbar, pilih menu File kemudian pilih Write These File to CD.



4. Jendela CD Writing Wizard memiliki tampilan yang sangat simple, anda hanya perlu mengetik nama CD yang akan dibakar, atau jika terburu-buru, secara default CD Writing Wizard akan memberikan nama CD berupa tanggal pembakarannya. Pilih Next dan proses pembakaran pun berlangsung, anda hanya perlu menunggu proses pembakaran selesai dan jika diperhatikan prosesnya lebih cepat daripada Nero.


Selesai, semudah dan secepat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar