Sabtu, 15 Agustus 2009

ERASER : Menghapus File Rahasia Secara Permanen

Pada tulisan lalu saya jelaskan bagaimana anda bisa mengembalikan kembali data-data yang terhapus di Hardisk dan Flashdisk anda, dengan menggunakan software O&O DiskRecovery. Tulisan kali ini justru sebaliknya, menghapus data-data secara permanen sehingga sulit untuk dikembalikan kembali oleh software-software Data Recovery, termasuk software O&O DiskRecovey.

Kenapa harus menghapus data anda secara permanen? sebagian orang menganggap data-data komputernya kadang terlalu penting untuk dikonsumsi orang lain, Rahasia!. Entah itu Rahasia pribadi anda, identitas diri dan orang lain, file-file sensitif, dokumen rahasia tempat anda bekerja, audit keuangan yang amburadul :-), dan lain-lain yang dapat merugikan diri anda dan orang lain. File sepenting itu memang harus dimusnahkan dan hanya anda saja yang tahu betul kandungannya.
Dalam metode penghapusan data penting secara permanen, biasanya para programer software menggunakan metode "multiple rewriting", atau menghapus file rahasia dan menulis ulang sebuah file yang sangat kecil (sekitar 1 Byte) pada titik hardisk (cluster) yang sama yang pernah ditempati file rahasia yang terhapus tadi. Sehingga secara logika jejak file rahasia telah ditutupi oleh berlapis-lapis file hasil rewrite yang kecil tadi, sehingga menyulitkan software Data Recovery untuk "menggalinya". Semakin banyak proses multiple rewriting yang dilakukan tentu akan semakin sulit bagi software data recovery untuk mengambilnya. Salah satu software paling baik untuk menghapus data-data sensitif anda secara permanen yang bisa saja anjurkan adalah software ERASER.
Software Eraser cukup mudah digunakan dan gratis, filenya pun berukuran kecil. Setelah menginstalnya, ada dua cara menghapus file-file anda secara permanen, yang pertama dengan melalui jendela File Manager, lalu memilih file yang ingin anda hapus secara permanen, kemudian klik kanan mouse dan pilih menu Erase.


Sebuah jendela konfirmasi akan menanyakan apakah benar anda ingin menghapus file tersebut secara permanen, pada sebelah kiri jendela dialog tadi, ada tombol Options yang akan membuka pilihan metode penghapusan file. Pada keadaan default, pilihannya adalah US DoD 5220.22-M (8-306. / E).


Pilihan ini sudah cukup menghapus data nada secara permanen dengan tiga kali proses multiple rewrite atau Passes. Sedangkan pilihan metode Gutmann memiliki kelebihan banyaknya proses penghapus dan penulisan ulang sekitar 35 kali, tetapi dengan kekurangan prosesnya akan berlangsung cukup lama, wajar saja karena banyaknya perintah yang harus dilakukan.


Dari hasil tes saya pada sebuah Flashdisk, metode US DoD 5220.22-M (8-306. / E) sudah mampu menghapus sebuah file secara permanen sehingga tidak bisa lagi diambil oleh software O&O DataRecovery versi 4 yang terbaru.


Menghapus data-data anda secara permanen juga wajib dilakukan jika anda ingin menjual Flashdisk, Hardisk atau komputer anda kepada orang lain agar nantinya mereka tidak bisa melihat-melihat file-file anda yang ada didalamnya. Menu Eraser On Demand, yang muncul ditampilan Systray komputer anda dekat dengan Jam, akan menampilkan proses penghapusan Flashdisk atau Hardisk secara permanen.


Caranya, pilih menu New Task, lalu pada jendela yang muncul pilih Driver penyimpanan data yang ingin anda bersihkan secara permanen,


selanjutnya kotak dialog akan muncul dengan peringatan bahwa file anda tidak akan bisa lagi di recovery, pastikan didalam Driver tersebut tidak mengandung jejak file-file yang sudah terhapus tapi masih anda butuhkan, jika anda sudah yakin klik tombol Yes.



Proses penghapusan data akan dimulai dan proses bisa berlangsung cukup lama jika kapasitas Hardisk atau Flashdis anda cukup besar, bisa juga karena ada banyak file-file yang belum terhapus karena proses ini hanya akan menghapus ruang penyimpanan yang kosong bukan ruang yang terisi oleh file yang belum dihapus, Eraser akan meneliti dahulu antara ruang yang terisi dengan file dengan ruang yang kosong dan proses bisa berlangsung cukup lama. Jika ingin menyingkat waktunya, pindahkan dahulu file-file yang belum anda hapus yang ada pada media penyimpanan yang ingin anda bersihkan, ke tempat penyimpanan lain. Lalu format ulang media penyimpanan tersebut menggunakan format biasa, lalu dilanjutkan dengan menggunakan software Erases On Demand.

Ada cara mudah sebenarnya jika anda ingin merahasiakan sebuah file dari orang lain. Yaitu dengan mengacaukan isi data tersebut dengan menggunakan Notepad. Caranya pilih file yang ingin anda rahasiakan, lalu klik kanan mouse dan pilih Menu Open With, jendela baru akan muncul dan meminta anda memilik dua pilihan, pilihlan menu "Select the program from a list" lalu klik tombol OK. Dari jendela yang muncul, carilah program Notepad, pastikan juga anda tidak mencentang menu yang ada dibawahnya "Always use the selected program to open thsi kind of file" karena anda akan mengacaukan sistem Open With Windows. Setelah mengklik tombol OK, akan muncul jendela Notepad dengan isi tulisan yang tidak beraturan.


Silahkan anda mengotak-atik tulisan tersebut dengan apa saja, yang penting tulisannya tidak seperti aslinya. Anda bisa menuliskan sebuah cerita konyol ditengah-tengah tulisan tersebut atau sekedar menghapus sebahagian tulisannya. Kemudian Save dalam format Notepad juga atau txt. Selesai! bagi pemula, mereka akan bingung file apakah itu yang tidak jelas isinya. Kalaupun file tersebut dihapus dengan cara biasa, tetap saja tidak dapat dikembalikan seperti semula, karena telah di Save dalam keadaan tulisan yang tidak seperti aslinya lagi.

Download Eraser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar