Jumat, 21 Agustus 2009

BURNING CD: Membakar VCD Lagu Dengan WMP

Biasanya jika ingin membakar lagu-lagu pada sebuah CD untuk diputar pada VCD Player lama ataupun baru, maka hal yang terlintas adalah membakar CD dengan menggunakan software Nero. Hampir tidak pernah saya melihat siapapun membakar lagu pada CD menggunakan software Windows Media Player (WMP), yang sudah ada didalam Windows XP dan tidak perlu di instal lagi, berbeda dengan halnya Nero yang tidak gratis. Memang cara penggunaannya tidak semudah Nero, tetapi hasil kualitas pembakaran lagu oleh WMP boleh dikatakan setara dengan Nero, dan penggunaan Resource (Memory RAM dan Chipset) yang sedikit sekali dibanding Nero. Lagipula, rakusnya Nero menggunakan Resource komputer, kerap mengalami error pada fungsi pembakaran lagunya.

Jika dicermati, pembakaran lagu pada CD agar dapat dimainkan pada VCD/DVD Player, dengan menggunakan WMP ini sangatlah mudah. Mungkin karena tidak banyak yang mempraktekkannya, sehingga cara-caranya pun tidak sampai dikhalayak ramai.
Langkah-langkah membakar lagu menggunakan WMP adalah:

1. Buka Windows Media Player, dan pilih menu Burn. Seketika juga anda pasti bingung dimana harus dimulai...

2. Buka folder tempat lagu-lagu yang ingin anda bakar dari File Explorer atau My Computer anda. Kemudian pindahkan dengan cara di Drag atau klik kiri Mouse dan jangan dilepas tombolnya lalu seret lagu-lagu tersebut kedalam kotak sebelah kiri WMP.

3. Setelah semua lagu telah terdaftar dikotak sebelah kiri WMP, Anda bisa langsung klik menu Start Burn yang berada diatas daftar tersebut.

4. Proses pembakaran akan dimulai, diawali dengan format ulang file lagu tadi menjadi format yang dapat dimainkan oleh CD. Dalam proses format ulang ini, ukuran tiap file akan bertambah besar jika anda mengambil dari file yang berformat MP3.

5. Jika seluruh proses berhasil, termasuk ukuran seluruh lagu yang anda pilih mampu dimuat oleh sebuah CD, maka anda dapat memainkan hasil pembakaran dari WMP kedalam semua VCD Player baik pemutar yang tipe produksi lama maupun yang terbaru.

Mudah sekali bukan...?

Pada Windows Media Player 11, prosesnya hampir sama, hanya saja letak kotak daftar lagu yang ingin dibakar berbeda, terletaknya pada kotak sebelah kanan menu Burn. Tetapi ukuran pasti lagu-lagu yang mampu dimuat oleh CD dapat dilihat di bagian atas daftar, yang memudahkan anda mengukur jumlah lagu yang dapat dimuat dalam satu CD.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar