Rabu, 02 September 2009

Pahlawan "Sepatu" Iraq Bebas Bulan Ini

Ingat sepatu, ingat Muhtadhar Al-Zaidi. Jurnalis Iraq yang pernah melempar George Walker Bush dengan sepatunya, akan segera dibebaskan bulan ini. Masa tahanannya dikurangi karena ia berkelakuan baik, demikian dikatakan oleh pengacaranya, Sabtu lalu.



Karim Al-Shujairi, pengacara yang membelanya mengatakan, Al-Zaidi akan dibebaskan tanggal 14 September, 3 bulan lebih awal dari seharusnya.

Awalnya Al-Zaidi diganjar tiga tahun penjara, setelah menyatakan tidak bersalah atas tindakannya. Kemudian pengadilan menguranginya hingga menjadi satu tahun karena ia tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya.

Tindakan bujang berusia 30 tahun ini melempar sepatu ke arah Bush, yang kala itu masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, menjadikanya pahlawan di mata masyarakat Arab yang marah dengan invasi Amerika ke Iraq tahun 2003. Dalam budaya Arab, sepatu yang dilemparkan ke arah seseorang itu berarti penghinaan yang amat sangat.

Peristiwa yang terjadi pada 14 Desember 2008 itu membuat malu Nouri Al-Maki, Perdana Menteri Iraq yang ketika itu berdiri di samping Bush, saat berbicara dalam konferensi pers terkait kunjungan penjahat perang itu ke Iraq.

Kedua pemimpin itu tidak ada yang terluka, tapi Bush harus mengelak. Berlindung dari dua kali lemparan sepatu Al-Zaidi.

"Ini ciuman perpisahan untukmu, dasar anjing! Ini untuk para janda, anak yatim, dan mereka yang terbunuh di Iraq!" teriak jurnalis itu dalam bahasa Arab, seraya melayangkan sepatunya ke arah Bush. [di/aj/hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar