Jumat, 22 Mei 2009

Manisnya Komputer Vista-vista-an

Bosan dengan tampilan layar komputer Windows anda? Merubah Wallpaper desktop adalah cara paling mudah dan klasik, tapi hanya merubah satu bagian saja. Ada juga yang bisa merubah seluruh tampilan Windows XP dengan bantuan software Window Blinds atau Style XP, kedua software ini bisa merubah tampilan Loading Windows XP, Log-on, Menubar, file manager, folder, sampai icon. Namun software tersebut bukan tanpa cacat karena cara kerjanya adalah dengan mengganti file tertentu dari dalam sistem dengan file yang dimodifikasi dan belum tentu cocok untuk semua komputer, justru bisa sangat berbahaya. Sebagian sistemnya bisa rusak atau konflik dengan sistem file yang lain dan bisa mengundang infeksi virus mallware dan spyware. Lagipula Window Blinds dan Style XP tidak gratis.



(Gambar diatas adalah tampilan Windows Vista didalam sistem operasi Windows XP saya, tetapi menggunakan software Patch khusus. Lumayan berat tanpa kartu grafik, mungkin karena tampilan Aero yang muncul)
Mengganti seluruh sistem operasi komputer bisa juga memuaskan pandangan anda dengan tampilan barunya. Ada banyak pilihan, Windows Longhorn sepertinya tidak banyak yang tahu. Padahal tampilannya sudah lumayan bagus dan cukup berbeda daripada Windows XP. Longhorn adalah proyek besar yang dikelola oleh Microsoft setelah melihat suksesnya Windows XP meraup pasar. Tetapi belum sempat proyek ini selesai dan masih berada ditengah jalan, proyek Longhorn dibubarkan oleh Microsoft. Pada bulan oktober 2006, sekelompok orang dari situs joejoe.org mengatakan bahwa mereka akan menyelesaikan proyek Longhorn tersebut dan akan diberi nama "Longhorn Reloaded". Setelah dikeluarkannya versi percobaan pertama oleh tim Longhorn Reloaded kepublik, Microsoft mengirim pesan agar proyek Longhorn Reloaded dihentikan karena melanggar lisensi EULA (End User Licencing Agrement), yang menyebut pelarangan memodifikasi dan mendistribusikan kode Longhorn Microsoft. Siapa sangka, tampilan Windows Vista yang kita kenal sekarang ini diambil dari Windows Longhorn. Ada yang mengatakan Vista adalah kelanjutan dari Longhorn dengan nama berbeda serta pengembang yang berbeda pula. Longhorn Reloaded sepertinya masih tersedia disitus The Pirate Bay, namun karena sistem operasi ini dihentikan ditengah jalan dan tidak ada proses finishing, kemungkinan besar masih terdapat kekurangan dan error.

Alternatif merubah tampilan yang lain adalah Windows XP "Unattended" SP3 yang dibuat oleh Amit Talkin, sistem ini sudah saya bahas diposting yang lalu, dan sistem ini masih menjadi favorit komputer dual-boot saya.

Lalu Windows Vista yang tidak terlalu diminati banyak orang karena membutuhkan spesifikasi kekuatan komputer yang tinggi dan ribet, tapi sebenarnya Vista juga memberikan tampilan dengan kualitas tinggi terutama efek Aero yang juga terdapat di Windows Longhorn. Vista gagal meraup pasar sistem operasi komputer karena banyak hal, ada yang menyalahkan kebutuhan RAM dan Prosesor terlalu tinggi yang mengharuskan kita meng-upgrade komputer, ada juga yang mengatakan Vista gagal karena diterjang isyu-isyu negatif yang dihembuskan oleh mantan pengembang Longhorn, ada juga yang mengatakan hembusan isyu negatif tersebut datangnya dari pengembang Linux.

Windows XP Dark Edition yang sudah saya review bisa juga menjadi pilihan untuk diinstal karena memiliki banyak pilihan Themes dan software pendukung. Tapi masih rentan dengan virus Malware dan Spyware didalamnya.


Windows Seven adalah sistem operasi yang terbaru dari Windows. Tampilannya hampir sama dengan Windows Vista tapi lebih cerah dan sangat simple jika dibandingkan dengan Vista, lebih lengkap daripada Windows XP juga. Kebutuhan sumber kekuatan memory RAM dan Processor pun tidak terlalu tinggi, hampir sama dengan kebutuhan Windows XP, tapi Windows Seven RC1 masih tetap bisa menampilkan efek Aero-3D seperti Vista. Sistem operasi ini akan menghadapi dua tantangan besar, yang pertama adalah pengaruh negatif dari pendahulunya Vista yang gagal total dipasaran, dan tantangan krisis global yang makin menjerat perusahaan-perusahaan besar.

Selain merubah tampilan dengan sistem operasi dari keluarga Windows, Linux dengan berbagai variannya bisa menjadi alternatif yang gratis. Hanya saja di Nunukan sangat sulit untuk mendapatkan Linux, setahuku ada konco di toko Foto Gembira jalan Pelabuhan pernah menggunakan Linux. Masalah kompatibilitas atau kecocokan dengan software lain masih juga menjadi momok besarnya. Sistem operasi Linux sendiri masih juga memiliki Bug dan Error, perusahaan profesional sebesar Microsoft yang membuat Windows saja tidak luput dari Bug dan Error, apalagi Linux yang dibuat secara gotong-royong oleh amatir.

Tapi perlu saya ingatkan lagi, mengganti tampilan Windows XP baik dengan menggunakan file berformat Theme atau dengan bantuan software seperti Window Blinds, ataupun menginstal sistem operasi yang tidak resmi seperti Windows Dark Edition, tidak ada jaminan komputer anda akan selalu bekerja dengan normal. Bahkan di Majalah Chip pernah membahas betapa buruknya Windows XP SP3 keluaran Microsoft sendiri. Update Windows XP tersebut dipenuhi bug, error, hole, konflik driver dan cacat disana-sini. Kalau hanya sekedar tampilan, bagi saya pribadi (tentu tidak sama selera anda) menggunakan tampilan asli sistem operasi Windows XP lebih saya sukai, bukan karena saya gaptek atau culun dan bego, tapi karena sistem tersebut terjamin keamanannya ketika sedang mengerjakan sesuatu yang penting dan berharap tidak ada gangguan sistem komputer. Kalaupun anda ingin mencoba-coba seperti saya, siapkan saja partisi baru atau Hardisk tambahan agar lebih aman, untuk di instal sistem operasi lain (secondary OS boot). Tidak hanya sistem operasi komputer, tetapi juga sebagai 'wadah' khusus untuk mencoba software-software yang kata teman anda banyak manfaatnya tetapi tidak aman karena cacat ataupun mengandung virus didalamnya. Hasil 'penelitian kecil-kecilan' tersebut bisa anda bagikan dengan teman-teman peneliti yang lain untuk saling bertukar informasi. Bisa lewat Blog ini, atau disitus-situs lain dari dalam negeri maupun situs luar negeri. Yang jelas, tidak ada jaminan jika tampilan komputer yang bagus dan keren, bisa stabil jika tidak di imbangi dengan kemampuan komputer dan pengetahuan penggunannya sendiri.




Kalau masih tetap ingin mengganti tampilan Windows XP, anda boleh menggunakan Themes buatan Windows sendiri yang lebih aman. Silahkan Download filenya disini.

(Tampilan diatas menggunakan Theme asli dari Windows, tanpa efek Aero, jadi cukup aman dari pada memakai Software WindowBlinds, Style XP, Patch Khusus, dan Windows XP Service Pack 3/SP3)

Tapi jangan salahkan saya ya, kalau nanti komputer anda rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar