Kamis, 07 Mei 2009

Konflik Win XP SP3 Amit Mod dengan Intel Graphic Accelerator

Beberapa hari yang lalu, seorang rekan meminta bantuan saya untuk memperbaiki sebuah Notebook (selalunya saya singkat NB saja) merk Acer Aspire tipe 5580 yang dalam keadaan sekarat sekali dan minta diobati. Penyakitnya adalah tidak bisa logon kedalam Windows XP baik dalam keadaan logon normal maupun Save Mode, unaccessable. Obat paling mujarab tentu adalah dengan instal ulang sistem baru yang mengharuskan kita menghapus semua data, file dan dokumen yang tersimpan dipartisi C atau partisi tempat sistem operasi berada, termasuk MyDocument jika belum dipindahkan kepartisi lain. Namun sebenarnya ada cara mudah untuk menyelamatkan data dan sistem tersebut, yaitu dengan menggandeng hardisk NB yang sekarat tadi menjadi Slave ke NB atau PC yang masih bagus. Tetapi karena saya belum punya alat berupa kabel khusus untuk menggandengnya lalu membedah hardisk NB sekarat tadi untuk mencari kerusakannya, maka terpaksa instal ulang juga... (Baah!).



Tangan saya pun mulai gatal menggelitik keyboard NB cantik ini yang memiliki jantung Intel Core 2 Duo 1.66Ghz dan RAM DDR2 512. Melihat kekuatannya yang lumayan besar, teringat kembali dengan OS 'Unattended' Windows XP Pro SP3 (alias WinXP Amit Mod) yang dibuat oleh anak remaja asal india bernama Amit Talkin. Jika anda belum tahu tentang WinXP Amit Mod ini, maka itu membuktikan anda tidak punya hubungan dekat dengan para 'Ahli' komputer, makanya... Sering-sering traktir mereka makan. WinXP Amit Mod adalah versi modifikasi tidak resmi karena tidak menyertakan validasi Product Key, diberi embel-embel SP3 atau 'Service Pack 3' adalah untuk menghindari legalitas Product Key seakan-akan WinXP Amit Mod ini adalah 'Update' dari Microsoft padahal pihak Microsoft pun tidak mengakuinya. Jangan susah-susah mencari alamat download Windows yang satu ini di Google, karena semua link sudah di hapus dari server Google atas permintaan Microsoft.



Dari cek Googling, sistem operasi ini dibuat pada tahun 2007 tetapi tidak memiliki situs atau blog resmi pembuatnya, dan saya pun tidak menemukan satu tulisanpun dalam bahasa indonesia yang membahas OS unik yang satu ini, hanya forum anak Malaysia yang membahasnya sedikit saja. Petunjuk yang ada hanya alamat email amit_talkin@yahoo.com yang tertulis didalam sistem setelah diinstal. Kelebihan sistem ini selain gratis, cukup banyak seperti dihilangkannya MSN, LAN, Briefcase dan lain-lain yang memang tidak memiliki kegunaan yang maksimal dan hanya menambah berat operasi komputer. Yang paling menonjol adalah kelebihan tampilannya yang mengadopsi tampilan Windows Vista tapi tanpa tampilan Aero, mungkin tampilannya agak dipaksakan menjadi Vista, sehingga kadang disebut 'Vista-vista-an'. Ada juga Theme lain hasil modifikasi Amit Talkin.



Tidak hanya tampilan Vista, ada beberapa Themes yang cukup menarik yang bisa anda gunakan. WinXP Amit Mod juga memiliki "Self Defence System" yang memungkinkannya mendeteksi perubahan sistem operasi yang dilakukan oleh Virus, deteksi perubahan yang bisa merusak kinerjannya. Setelah ancaman terdeteksi, sistem akan mulai menyalakan System Restore dan mengembalikan kondisi sistem sebelum dirubah, sebuah jendela akan muncul untuk memberitahukan masalah ini kemudian Restart. Cara kerjanya hampir sama seperti Deep Freeze, hanya saja punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Didalam WinXP Amit Mod juga diberikan beberapa software yang terinstal otomatis bersama-sama sistemnya, seperti Adobe PDF Reader, WinRAR dan Office. Beberapa Driver Motherboard dan Grafik juga diikutkan didalam instalan sistem dan disinilah masalah sebenar saya ketika di instal kedalam NB Acer Aspire 5580. Driver grafik yang ada pada CD Motherboard NB berjenis Intel Graphic Accelerator versi 6, dan ketika digabungkan bersama sistem WinXP Amit Mod, hampir seluruh sistem dan driver ternyata bertentangan (Conflicted). Komputer menjadi sangat lambat dan beberapa file sistem penting terhapus, belum cukup sampai disitu, Self Defence System milik WinXP Amit Mod pun otomatis bekerja dan tambah mengkacaukan sistem operasi komputer. Masalah ini belum bisa saya selesaikan, namun seorang teman asal inggris menyarankan saya menggunakan driver Intel Graphic Accelerator versi terbaru yaitu versi 14. Tapi karena proses instal ulang sistem sudah saya lakukan 3 kali, sedangkan proses tiap instalnya membutuhkan waktu 1 jam lebih, terpaksa menyerah dan beralih ke Windows XP SP2 Original. Alternatif lain seperti Windows XP Dark Edition (WinXP Dark) yang memiliki konsep sistem yang lebih kaya dan ekstrem bisa cocok untuk Chipset Intel Core 2 Duo. Tetapi saya pernah membedah WinXP Dark ini yang memiliki puluhan software pendukung ketika diinstal, baik yang gratis maupun bajakan. Ternyata resikonya lebih besar daripada WinXP Amit Mod, karena WinXP Dark diinfeksi juga oleh beberapa Virusmalware, trojan, dan spyware, memang benar-benar "edisi pasar gelap".

Jika anda punya solusi terhadap Conflict antara Windows XP SP3 Amit Mod dengan Driver Intel Graphic Accelerator, mohon info lengkapnya disini.

2 komentar:

  1. alow cuy... ne ma kocan!!!buat maslah u yang ribet bgd knapa seh u harus pake xp ilegal bikin ja diri kan bisa....!!!! pake winlite!!!u tu bisa bikin windows xp yang kuren cuy...!!!low u masalah dengan VGA iNTEL pake JA yang V.6.11.ow ya kata u nginstal vga jadi lelet ya!!!pengalaman ku low maslah vga intel yang bawaan dari cd tu seh biasanya suprot vista gag suport xp...!!!coba deh donlot banyak ko...!!lam kenlan

    BalasHapus
  2. Makasih atas infonya. pakai bajakan emang ada rasa snangnya dikit :D. Winlite kayaknya hampir sama kgunaanya dgn Windows Unattended CD Creator yang saya screenshot diatas

    BalasHapus