Rabu, 11 Februari 2009

Internet Gratis di Pantai Eching

Dibukanya hotspot internet gratis dengan sistem Wireless Fiddelity atau Wi-Fi di salah satu tempat rekreasi di kota Nunukan, cukup memberikan angin segar kepada pengguna internet disana. Tempat yang dimaksud adalah Pantai Eching yang terletak di Jalan Sedadap yang berdekatan dengan Markas komando TNI Angkatan Laut Nunukan. Dari hasil uji coba yang saya lakukan, radius sinyal Wi-Fi tersebut mencapai 1000 meter dari Mako TNI AL Nunukan. Mengenai kecepatan jaringan, Wi-Fi tersebut mampu menembus 500Kbps namun sangat disayangkan belum terpasangnya filter situs porno yang maksimal membuat Wi-Fi tersebut terkesan terlalu bebas.


Apapun kendalanya, langkah Pioner yang dilakukan oleh Mako TNI AL Nunukan memberikan jaringan internet gratis kepada masyarakat umum pantas di acungi jempol, salut buat Mako TNI AL Nunukan yang turut berpartisipasi membuka cakrawala masyarakat Nunukan. Semoga langkah-langkah seperti ini bisa di contohi oleh instansi, lembaga, pebisnis, maupun organisasi lainnya yang berada di kota Nunukan, terutama pemasangan jaringan Wi-Fi yang terletak di daerah perkotaan seperti Taman Alun-alun, sekolah-sekolah dan rumah makan serta kafe. Selain untuk pendidikan, pemasangan Wi-Fi ini mampu menarik minat pengunjung, wisatawan dan pejabat luar kota untuk betah tinggal di Nunukan. Dahulu saya sempat di 'todong' oleh seorang wisatawan bule yang cantik asal Inggris dengan pertanyaan dimana tempat berinternet yang cepat dan murah di Nunukan, saya cuman bisa menjawab, Sorry but our city doesnt have such of service.


[Alun-alun]

Sedikit informasi penting buat warga yang tinggal di sekitar Mako TNI AL Nunukan tapi tidak terjangkau oleh radius jaringan Wi-Fi tersebut seperti saya yang tinggal di belakang rumah dinas Wakil Bupati, anda bisa 'menembak' jaringan Wi-Fi milik TNI AL tersebut dengan menggunakan antena penangkap jaringan yang bisa di beli di toko-toko yang bentuknya seperti alat penangkap radar atau parabola kecil, atau menggunakan antena parabola televisi yang sudah ada, atau membuat sendiri antena penangkap jaringan dengan alat sederhana seperti Wajan penggorengan. Yang terakhir itu disebut "Antena Wajanbolic", untuk manual membuatnya cukup mudah, silahkan klik disini. Namun perlu saya informasikan juga, sistem jaringan untuk umum seperti Warnet, Wi-Fi dan Wi-Max yang di fasilitasi oleh pihak lain atau Server umum tidak bisa dianggap seratus persen aman, tidak aman dalam hal kerahasiaan data pengguna internet. Di internet banyak beredar Software-software cracking khusus untuk Server umum yang bisa memantau aktifitas jaringan data yang keluar-masuk atau koneksi pengguna/client. Seorang Server yang sudah ahli mampu melihat aktifitas internet para pengguna bahkan merekam pengetikan keyboard komputer pengguna (istilahnya Keylogger), akibatnya informasi-informasi pengguna internet yang diketikkan pada keyboard komputer seperti Password, username, nomor rekening untuk bisnis online dapat terlihat oleh server yang ahli. Untuk keamanan pengguna Warnet, Wi-Fi maupun Wi-Max berhati-hatilah ketika login ke account e-mail, situs, atau bisnis online anda di internet. Jika anda selesai browsing internet menggunakan fasilitas umum dan Login ke e-mail anda, jangan lupa untuk menutup account anda lagi melalui Logout. Lalu hapus juga Private Data yang tersimpan di browser Internet seperti Firefox, Opera dan Internet Explorer. Pastikan Private Data tersebut yang mengandung rekaman sejarah penjelajahan anda di internet atau history, cookie, cache dan password benar-benar terhapus. Jika anda tidak menghapusnya, data tersebut dapat di manfaatkan oleh orang lain yang menggunakan komputer yang sama setelah anda, untuk melihat, mengambil bahkan merubah data-data anda di account internet. Pastikan juga Anti-Virus dikomputer anda bekerja dengan sempurna terutama pada bagian Internet/Network Protection, sebagian Anti virus mampu menangkal Keylogger, Spyware dan Bots yang hendak mencoba mencuri data-data pribadi anda. Melakukan langkah-langkah pencegahan seperti diatas dan memahami informasi-informasi seperti ini akan membuat anda lebih leluasa berinternet-ria tanpa harus khawatir terhadap apapun, sekaligus menambah wawasan anda tentang luasnya belantara dunia internet ini sehingga anda tidak salah jalan apalagi sampai tersesat di jalan, malu dong... Hari gene masih tersesat di internet, nanti apa kata dunia...?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar