Rabu, 17 Juni 2009

O&O DiskRecovery. Penyelamat Data Paling Handal (Saat Ini).



Ada banyak software yang dapat mengembalikan data-data yang terhapus dan terformat didalam Hardisk, Flashdisk ataupun memory card, baik disengaja atau tidak. Ada software yang gratisan, ada juga yang berbayar. Namun dari 13 jenis software Penyelamat data yang saya coba, mulai dari PC Inspector Smart Recovery, mmCARD Recovery, Pandora Recovery, PC Inspector File Recovery, Recover My Files, Restoration (Brian Kato), Recuva, Undelete Plus (Portable), Data Doctor Recovery (Pen Drive), MultyStage Recovery (Emplase), Recover Data for FAT & NTFS dan Uneraser (Avira), tidak ada yang bisa bekerja lebih bagus daripada software O&O DiskRecovery. Walapun software ini tidak gratis, tetapi jika dibandingkan dengan software lain baik yang gratis maupun berbayar, O&O DiskRecovery mampu bekerja mencari dan mengangkat file lama anda yang sudah terhapus dan diformat berkali-kali.

Dukungan berbagai jenis format file yang diselamatkan pun lebih banyak daripada software yang lain. Dalam memperbaiki file yang sudah korupt sekalipun O&O DiskRecovery lebih maksimal daripada software lain. Pengujian saya lakukan dengan media Flashdisk, Sony Memory Strick Pro Duo, Memory Card Sandisk dan Hardisk Maxtor. Tetap saja O&O DiskRecovery mampu bekerja lebih baik dan maksimal dalam menyelamatkan data. Bahkan sebuah file Video format MPEG dari Memory Stick Pro Duo yang biasa saya gunakan pada Camera Digital, walaupun sudah saya format berulang-ulang, tetapi masih mampu mengembalikan file yang saya rekam pada bulan Mei 2008 yang lalu. Proses pencarian file pada tiap sektor media memory pun lebih cepat daripada yang lain. Namun karena software ini tidak gratisan saja yang membuatnya kurang dikenal.

Ada satu fitur yang mungkin jarang anda ketahui dari software ini, yaitu disediakannya fitur Portable yang bisa anda gunakan langsung dari Flashdisk. Sehingga anda bisa mengembalikan data dimana saja tanpa harus menginstalnya didalam sistem komputer. Fitur ini disediakan hanya ketika dalam keadaan darurat saja, namanya O&O Instant Disk Recovery.


Cara menginstalnya, Instal dahulu Software lengkap O&O DiskRecovery didalam satu komputer sebagai sumber instalan versi Portablenya. setelah selesai, masukkan Flashdisk, atau Memory Card, lalu pada menu All Programs di Start menu buka Program O&O InstantDiskRecovery yang ada didalam menu program O&O Disk Recovery.
Jendela instalasi akan muncul untuk diikuti, pilih tempat Flashdisk atau Memory Card anda, dan pada jendela "Locate source file or Folder" pilih kotak "Browse" yang paling bawah dan pilih folder tempat anda menginstal program ini tadi, biasanya terletak di C:\Program Files\OO Software\DiskRecovery dan tekan tombol Next. Proses Copy akan dimulai dan tersimpan didalam Flashdisk anda. Silahkan membuka file "oodskrec.exe" tersebut untuk memulai mencari file yang telah terhapus.

Dibutuh registrasi melalui Email anda.
Versi yang tersedia mungkin bukan versi yang terbaru.

2 komentar: