Sabtu, 27 Juni 2009

Audacity. Merekam Suara Internal Komputer

Audacity adalah software pengolah file suara yang berlisensi gratis Open Source, dikembangkan oleh banyak orang yang tergabung didalam situs non-profit SourceForge.net. Sebuah perkumpulan programer komputer handal yang ingin menciptakan Software-software handal gratis tetapi tidak kalah hebatnya dengan software berbayar.

Salah satu fungsi Audacity adalah kemampuannya merekam suara-suara yang ada didalam komputer, baik suara streaming yang berasal dari internet saat kita Bowsing, maupun suara yang dikeluarkan saat kita memainkan sebuah Game berat, dimana pada folder instalan program Game tersebut tidak terdapat file Audio yang kita kenal. Seperti Game Need For Speed yang memiliki latar Music Trax yang lumayan keren dan jarang tersedia ditoko Musik. Audacity mampu merekam suara yang ada pada Game tersebut ketika dijalankan bersama-sama, Audacity diaktifkan pada mode merekam dan Gamenya juga diaktifkan lalu memainkan mode Musik latar yang biasanya ada dimenu seting Game. Untuk memaksimalkan suara musik latar tersebut, seting dahulu volumenya agar yang terdengar hanya suara Musik saja. Jangan lupa seting Audio di Control Panel komputer juga harus maksimal.

Setingan inti yang memberikan proses rekam pada Audacity adalah dimenu "Audacity Preferences", setelah Audacity di instal dikomputer anda, masuk ke menu "Edit" yang ada pada menubar, lalu pilih menu "Preferences" paling bawah. Jendela seting akan muncul dan pada menu "Audio A/O" perhatikan kotak "Recording" yang ada pada kanan atas jendela tersebut. Pada menu dropdown, pilih seting "MME: Microsoft Sound Mapper" atau "Windows DirectSound: Primary Sound Capture Driver". Pilihan tersebut adalah pilihan yang paling Dasar dan telah bisa digunakan untuk merekam suara yang dimainkan didalam komputer. Jangan lupa juga seting "Stereo" atau "Mono" pada Channel menu Recording tadi.

Masih dijendela "Audacity Preferences", disebelah kiri pilih menu "File Format" pada kotak "MP3 Export Setup" Audacity membutuhkan plug-in MP3 yang bernama "LAME Plug-in" untuk mengolah file-file MP3 didalam Audacity. Anda dapat meminjam Plug-in milik software Winamp yang sudah terinstal dikomputer anda. Caranya, klik tombol "Find Library" yang dimenu Audacity tadi, lalu klik tombol "Browse" dan carilah program Winamp didalam direktori program-program komputer anda. Biasanya terletak di Partisi C:\Program Files\Winamp\Plugins dan buka file yang bernama "lame_enc.dll" inilah Plug-in MP3 yang dibutuhkan Audacity. Lalu pilih menu "Batch" yang ada disebelah kiri, dan beri tanda centang pada kotak "Show MP3 ID3 dialog", ini akan merubah identitas Tag file MP3.


Setelah semua selesai, mulailah proses perekaman suara yang anda inginkan. Ada beragam efek suara yang bisa anda tambahkan pada file suara anda, dan efek-efek yang diberikan juga cukup realistis dan unik, seperti efek "Wahwah" yang biasa digunakan oleh gitaris elektronik profesional, efek "Repair" yang memperbaiki file suara yang garing, efek "Click Remover" yang mampu meredam suara berisik, dan efek "Normalize" akan meratakan nada suara terutama suara hasil rekaman yang terkadang terlalu kecil dan tidak kencang terdengar.


Pada File berformat MP3 anda bisa merubah Identitas Tag-nya, merubah judul, artis, album, genre, maupun memberikan komentar. Identitas Tag ini biasanya muncul pada layar Media Player maupun pada layar Handphone, Walkman, MP3 Player dan iPod. Untuk mengedit Tag-nya, buka menu "File" dan klik menu "Open Metadata Editor", jendela Editor Tag akan muncul. Pada kotak "Format:" ada dua jenis versi Tag yang harus anda pilih, ID3 versi 1 lebih didukung oleh semua Media Player, Handphone dan MP3 Player. Sedangkan ID3 versi 2 pilihan input identitasnya lebih banyak tetapi tidak didukung oleh pemutar musik yang lama. Isilah Judul, Artis, Album dan lain-lain dikotak yang telah ditentukan sesuai keinginan anda, lalu tekan tombol "Save" dan "Done".


Audacity memiliki banyak kemampuan selain yang saya terangkan ditulisan ini, anda mungkin harus bereksperimen sendiri untuk mencoba-coba setiap fitur-fiturnya.
Dahulu ketika memori penyimpanan MP3 Player, Handphone, Memory Card, Hardisk masih terbatas. Salah satu cara mendapatkan file suara yang maksimal dalam jumlah file adalah dengan "mengkompresinya" melalui menurunkan Bitrate mapun merubah formatnya menjadi MP3. Tetapi dengan sedikit kekurangan, yaitu kualitas suara yang dihasilkan dari metode kompresi tersebut ikut berkurang. Sekarang ketika semua Handphone, Memory Card, MP3 Player dan iPod sudah memiliki memori penyimpanan yang sangat besar, mulai dari 1 Gigabyte sampai 160 Gigabyte. Saya rasa kebutuhan metode kompresi mungkin harus dikurangi agar kualitas suara yang dihasilkan tetap maksimal dan lebih realistis. Dahulu Bitrate file suara MP3 biasanya yang paling maksimal bagi perangkat keras pemutar lagu adalah 128kbps, sedangkan suara realistis dari format MP3 adalah 256kbps yang memberikan suara jernih dan kencang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar