Selasa, 21 April 2009

Kode Rahasia Opera Mini

Ponsel kesayangan anda sudah di instal Opera Mini? Jika belum, mulailah mengotak-atik ponsel anda agar bisa di instal aplikasi penjelajah internet untuk layar ponsel Java Opera Mini. Kalau sudah ada, otak-atik lagi Opera Mini anda dengan Kode Rahasia dibawah ini, sekedar belajar mencari-cari info dan seting ekstra didalamnya agar browser anda lebih simple dan powerfull. Pertama buka menu untuk mengetik alamat situs (Menu - Enter Address), jika terdapat "www" didalam menu kotak tersebut, hapus dulu lalu masukkan salah satu kode dibawah ini :

config atau
opera:config
Untuk memunculkan menu halaman 'Advance User Setting'.

opera:cache
Melihat jejak yang tersimpan dari penjelajahan internet anda.

Debug:
Melihat laporan sistem.

Opera:about
Memperlihatkan beberapa informasi tentang perusahaan Opera.

Tahukah anda? Menjelajah internet menggunakan Opera Mini sangat aman dalam hal kerahasiaan identitas penggunannya. Anda akan menggunakan metode "ANONYMOUS I.P." ketika berselancar, artinya setiap kali anda memulai memasuki internet menggunakan Opera Mini alamat INTERNET PROTOCOL (I.P.) anda akan selalu berubah karena Opera Mini menggunakan Server yang besar dan banyak. Ketika ada orang atau situs web ingin memeriksa pengunjungnya yang menggunakan Opera Mini, maka Server Opera Mini hanya memberikan alamat I.P. Server-nya saja, yaitu yang terletak di wilayah Santa Clara, California, Amerika Serikat walaupun sebenarnya anda berada di Kabupaten Nunukan, KALTIM, Indonesia. Terkadang ketika Server Santa Clara penuh maka Server Uppsala di Swedia yang akan melayani pengguna Opera Mini yang lain.

Kecepatan transfer data antara Server Opera Mini di Santa Clara ke operator seluler kita sebenarnya sangat cepat, yaitu 900-2000 Kilo bit per detik. Tetapi karena data tersebut harus diteruskan lagi dari operator seluler ke ponsel kita dengan menggunakan jaringan operator yang kecepatannya 5-15 Kilo bit per detik, maka jangan heran jika datanya sering lambat kita dapatkan, terutama jika menggunakan operator Indosat dan Pro XL.
Jika anda punya kesempatan, sempatkan diri anda mengirim email ke operator seluler anda agar mereka segera memasang jaringan berkecepatan tinggi seperti EDGE dan 3G di Nunukan. Untuk alamatnya email-nya, bisa menggunakan alamat costumerservice@xl.co.id untuk operator Pro XL, kemudian costumer_service@indosat.com untuk operator Indosat, dan cs@telkomsel.co.id. Semakin banyak yang mengirim maka semakin didengar oleh operator kita.

1 komentar: