Selasa, 14 April 2009

KMP, Media Player Bagi Ahli Multimedia



Winamp, siapa yang nggak kenal dengan pemutar lagu dan video yang satu ini, seluruh komputer di Nunukan pasti ada Winamp didalamnya, termasuk komputer yang sudah rusak sekalipun. Kenapa Winamp lebih populer? Padahal didalam komputer yang sudah bersistem operasi Windows sudah ada pemutar bawaan Windows, yaitu Windows Media Player atau WMP. Mungkin karena mudahnya mengoperasikan Winamp daripada WMP yang memang terlalu 'canggih' untuk pemula. Jika WMP saja anda tidak pandai mengoperasikannya, cobalah KMP atau Korean Media Player, anda pasti akan tambah bingung. KMP adalah software gratis hasil 'gotong royong' atau istilahnya Open Source pada programer biasa. Pada KMP versi ??? software ini tidak hanya dapat memutar lagu dan video hampir seluruh tipe format yang dikenal, tapi juga memiliki fungsi yang tidak pernah ada pada pemutar yang lain dan fungsinya sangat banyak sampai saya merasa harus membuatkan daftarnya dibawah ini :
- Tidak perlu proses instal, anda hanya perlu meng-ekstrak foldernya lalu membuka file exe yang ada didalamnya dan KMP dalam tampilan Winamp pun muncul siap memainkan file multimedia apa saja.
- Karena tidak perlu di instal, anda pun bisa membawanya didalam flashdisk dan mengoperasikannya langsung dari flashdisk anda.
- Semudah mengoperasikan Winamp.
- Ketika memutar file video, ada banyak filter dan efek yang bisa digunakan, mulai dari efek blur, negatif, dan lain-lain. Begitu juga dengan efek untuk file suara.



- Video kontrol penuh, anda dapat memutar video dalam keadaan gerakan lambat ataupun cepat, memainkannya frame-by-frame lalu mengambil frame yang anda sukai menjadi gambar JPEG, bahkan Zoom video dalam keadaan sedang dimainkan.




- Membajak film pun menjadi mudah dengan fungsi VIDEO CAPTURE. VCD atau DVD yang asli biasanya tidak bisa di Copy-Paste begitu saja kedalam hardisk, tapi dengan KMP anda bisa merekam apapun yang sedang dimainkan, dan menyimpan file hasil rekamannya dalam format AVI, mantap!. Begitu juga dengan VCD/DVD yang berisi lagu, KMP bisa merekam ulang suaranya dan menyimpan hasil rekaman dalam format MP3.


- Fungsi TV IN dan TV OUT, tapi anda harus punya Graphic Card.
- Mendukung semua format, jika ada format baru, KMP bisa meminjam dari software lain dan akan berusaha mensinergikan codec-nya.
- Transparan, tampilan menu dan control box bisa tembus pandang seperti Vista.



Tetapi pada versi yang terbaru, fitur Video dan Audio Capture dihilangkan karena dikatakan melanggar hukum hak paten digital alias mempermudah pembajakan film. Begitu juga sifat portablenya, untuk menggunakan KPM versi terbaru anda harus meng-instal, tetapi dengan stabilitas player yang lebih baik daripada versi sebelumnya.








DOWNLOAD KOREAN MEDIA PLAYER FREEWARE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar