Selasa, 31 Maret 2009

VIRUS MASTER PIECE

Kido alias DownAdUp alias Conficker dikatakan oleh para ahli telematika dan pembuat antivirus sebagai virus tercanggih dan paling berbahaya sejak serangan virus SQL Slammer pada tahun 2003. Virus kompleks ini menyerang seluruh produk sistem operasi (Windows XP, VISTA, 7) dan seluruh sistem server jaringan yang dibuat oleh Microsoft. Bill Gates, pemilik perusahaan Microsoft pun tersinggung dan menawarkan uang 5.000.000 dolar bagi siapa saja yang bisa menemukan pembuat virus Conficker tersebut. Banyak tuduhan yang menyimpulkan bahwa pembuat virus Conficker adalah Bill Gates sendiri, alasannya, virus Conficker memanfaatkan seluruh celah kecacatan dan kerusakan sistem operasi dan sistem server Microsoft, tidak ada yang lebih tahu celah-celah tersebut selain pemiliknya sendiri. Namun nama Conficker sendiri dikatakan berasal dari dua patah perkataan yaitu "Configure" dalam bahasa inggris dan "Ficken" dalam bahasa Jerman yang artinya "Fuck" dalam bahasa inggris.
Virus canggih ini sampai tulisan ini dibuat telah memiliki 4 varian yang mempunyai tugas berbeda. Varian A dan B menginfeksi sekaligus mengacaukan kelemahan-kelemahan jaringan server Windows, mengambil alih komputer untuk dijadikan zombie, lalu menyebarkan dirinya kekomputer lain. Tidak kurang 10 juta komputer telah terinfeksi oleh virus Conficker dan menjadi komputer zombie. Varian C berfungsi untuk menyebarkan infeksi virusnya melalui Removable USB Flash Drive, dengan memanfaatkan Autorun. Sedangkan varian D adalah 'update' dari virus Conficker yang didownload otomatis oleh varian B dan C. Secara keseluruhan, Conficker mampu mengambil alih jaringan komputer dan mencegah dirinya terhapus dari jaringan dengan proteksi RSA public key sebesar 4096 bits.
Jaringan komputer angkatan laut Prancis Intramar ikut terinfeksi Conficker pada tanggal 15 Januari 2009. Jaringan tersebut kemudian dikarantina dan mengakibatkan sejumlah pesawat terbang tidak dapat mendownload perintah penerbangannya. Conficker juga diprogramkan oleh 'Senimannya' untuk melakukan penyerangan Domain jaringan besar-besaran dan sekaligus diseluruh dunia tepat pada tanggal 1 April 2009. Virus ini juga telah membuat belasan perusahaan teknologi menjadi kalang kabut, begitu juga dengan beberapa lembaga pemerintah dan badan intelijen dinegara-negara eropa dan amerika.

Walau apapun itu, saya mencium sebuah propaganda yang melibatkan uang dan lelucon April-Fool. Kita tunggu saja episode selanjutnya.

4 komentar:

  1. ada juga virus yang master pieces
    byme

    BalasHapus
  2. Bagi saya Conficker memang sebuah karya agung (Master Piece), salah eja ya...? :)

    BalasHapus
  3. kompiku kenak virus Yuyun_cantix
    kira2 cara ngilainginnya gmn yaaa

    BalasHapus
  4. Wah! nama virusnya koq mirip nama mantan pacarku ya, pasti sama-sama menjengkelkan ya.. hehehe, jangan tersinggung ya yu. Emang PCMAV yang ada diblog maseko.com gak bisa menghapus virusnya ya? kalo PCMAV diblok, matikan PC dan cabut kabel powernya selama 60 detik, lalu nyalakan lagi PC-nya dan langsung masuk ke SAVE MODE, trus aktifkan PCMAV dan scan seluruh isi PC anda. Kalo masih diblok juga, cari dan hapus diregistry file 'killapps-pcmedia' atau 'killtask-pcmedia'. Kalo diblok juga, pake Symantec ato Kaspersky aja. Kalo gak bisa juga, terpaksa kita harus Googling nyari solusinya.

    BalasHapus