Selasa, 24 Maret 2009

Legal, Bajakan Atau Gratisan. Pilih Mana?

Tahukah anda, bahwa anda bisa masuk penjara karena menggunakan Windows XP dan Microsoft Office Word 2003 atau versi lainnya? Jika tidak mendapat tuntutan penjara setidaknya denda jutaan rupiah yang anda dapatkan, jika software-software yang anda gunakan tersebut adalah bajakan. Ancaman tersebut bukan isapan jempol, Digital Millenium Copyright Act atau DMCA lah yang akan menuntut pengguna software bajakan. Sebuah badan pelindung hak cipta digital yang dibiayai oleh perusahaan pembuat software ternama seperti Microsoft, Adobe, Pinnacle, dan lain-lain. Namun sekelompok Hacker ibarat mengolok-olok DMCA dengan membuat sebuah komunitas anti hak cipta digital, hasil gerakan sering disebut dengan Keygen alias Key Generator.


Jika anda belum tahu, Keygen adalah software mungil yang bisa memberika kode aktifasi terhadap software-software yang berbayar. Biasanya pembuat software seperti Microsoft, Adobe, Anti Virus, dan lain-lain memberikan demo software mereka secara gratis tetapi dengan jangka waktu atau fitur yang terbatas. Hal itu dimaksudkan agar para pengguna bisa mencoba-coba kemampuan software yang ditawarkan, sebelum membeli softwarenya. Agar tidak repot, sebagian software meminta kode aktifasi (Serial Number) yang harus anda beli, tetapi para pembuat Keygen justru memberikan kode aktifasi tersebut secara gratis. Ilegal memang, dan anda bisa mendapatkan Keygen tersebut dibanyak situs, ada situs Cracks, Astalavista dan Keygen. Ada banyak yang mereka tawarkan mulai dari nomor aktifasi yang ditulis langsung pada dokumen txt, ada juga beberapa tambalan software atau 'Patch' yang menutupi kekurangan software versi demo, namun yang paling terkenal dan terbanyak adalah Key Generator atau Keygen. Ada jutaan software berbayar yang dibajak oleh mereka untuk anda nikmati, tetapi kebanyakan adalah software-software versi terdahulu. Menggunakan barang bajakan memang sedikit menyenangkan, akui sajalah. Tetapi banyak rumor yang menyebutkan bahwa Keygen yang kita download bisa berubah menjadi virus berbahaya dikomputer kita. Hal tersebut juga ditegaskan dengan hampir semua antivirus mengkategorikan file Keygen adalah virus. Bahkan sebagian pengamat virus berkomentar penyebaran virus dimulai ketika anda memasuki situs-situs yang memberikan Keygen, Patch dan Serial Number secara gratis.

Apapun itu, sebenarnya ada alternatif yang lebih aman dari virus dan tidak masuk penjara yang bisa anda gunakan secara gratis dan sepuasnya. Contoh saja, software kantoran seperti Microsoft Office Word atau Excel yang harganya ratusan ribu sampai jutaan rupiah, anda bisa menggunakan software alternatif seperti Open Office dengan biaya gratis. Untuk software gratis editing gambar, suara, maupun video dapat anda download sepuasnya di Source Forge tanpa harus membayar. Software-software gratisan ini memang dibuat apa adanya, bahkan sebagian besar dibuat oleh individu-individu dirumahnya masing-masing, kita mungkin akan menemukan beberapa kekurangan didalamnya karena dibuat oleh amatir. Berbeda dengan software berbayar yang dibuat oleh Perusahaan besar. Semua sudah tersaji di internet, terserah anda ingin menggunakan jalur yang mana, masing-masing punya resiko, kekurangan dan kelebihan tersendiri. Namun menghargai hasil keringat orang lain yang membuat software-software tersebut siang dan malam adalah hal yang terbaik. Tapi perjuangan para Hacker pembajak pun yang ingin semua pihak mendapatkan manfaatnya adalah usaha-usaha yang pantas diberikan pujian juga.

KE SITUS OPEN SOURCE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar