Sabtu, 27 Maret 2010

Apa Yang Dicari Manusia di Internet???

Pernah masuk ke situs mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing? Dimesin Google dan Yahoo ketika kita memasukkan kata, akan muncul seperti usulan kata yang lain dari kata yang kita ketik. Usulan tersebut diambil dari kata-kata yang paling sering digunakan oleh pengguna Google dan Yahoo diseluruh dunia.


Lalu apa yang paling sering dicari oleh pengguna asal indonesia di mesin pencari tersebut? Gampang saja, silahkan mengetik kata "Mencari" tanpa tanda kutip dikotak pencarian, hasilnya... Sedikit menggelitik.
 

Pada urutan pertama, walau Google tidak jelas mengartikan usulan, maka kita skip saja, dan ternyata pengguna Google dan Yahoo sama-sama paling sering "Mencari Jodoh". Mungkin dikarenakan kebanyakan pengguna komputer paling sulit melakukan pendekatan kepada lawan jenis karena lebih sering 'pacaran' dengan komputernya sendiri.

Urutan kedua, di Google justru sedang "Mencari Wajahmu", entah wajah siapa yang mereka maksud. Sedangkan di Yahoo pada urutan ini sedang "Mencari Kenalan". Wajar saja, jika gagal mencari jodoh seperti diurutan pertama maka dilanjutkan dengan mencari kenalan dahulu.

Urutan ketiga, Google menampilkan "Mencari calon istri", sudah semakin jelas bahwa lebih banyak pria yang mencari jodoh daripada wanita. Sedangkan Yahoo memberikan usul "Mencari teman".

Urutan keempat, pengguna Google lebih serius dalam urusan masa depan yaitu "Mencari uang di internet", dibeberapa situs ada juga yang mengiming-imingi uang. Sedangkan Yahoo usulanya masih dengan cinta yaitu "Cinta tv3" kemungkinan sinetron dari Malaysia berjudul Cinta yang diputar di channel TV3.

Urutan kelima, Google memberikan "Mencari Weton", maaf saja saya bukan orang Jawa, jadi tidak tahu apa maksudnya. Sedangkan pengguna Yahoo kali ini mulai serius "Mencari kerja", pengangguran memang ada dimana-mana.

Urutan keenam, Google ingin menyarankan "Mencari hari baik", walau semua hari adalah relatif, apalagi masalah cuaca yang sekarang ini sering hujan, tapi gelar "Mbah" yang biasa diberikan kepada Dukun, juga diberikan kepada Google untuk menerawang masa depan atau hari yang baik dan buruk. Sedangkan Yahoo masih berkutat pada "Mencari kawan", kata kawan sangat jarang digunakan oleh orang Indonesia, berarti pengguna Yahoo lebih banyak dari Malaysia daripada Indonesia.

Urutan ketujuh, pengguna Google sedang "Mencari jati diri", sepertinya ini adalah kerjaan para anak-anak muda dan remaja yang hilang jati dirinya. Sedangkan pengguna Yahoo baru "Mencari pekerjaan".
Kemudian urutan lainnya yang bisa anda lihat sendiri. Tapi pada Yahoo diurutan kesepuluh, ada juga yang sedang "Mencari keredhaan Allah". Mungkin para pengguna ini adalah yang ingin sekali taubat hingga mesin pencari dijadikan rujukan.

Apapun yang dicari oleh para pengguna mesin pencari Google dan Yahoo, disini saya tidak sedang memberikan fakta sesuai kondisi secara keseluruhan. Hasil pencarian tersebut mungkin saja berubah-ubah. Hasil pencarian itu pun tidak didasarkan pada urutan abjad alphabetik yang biasa digunakan oleh  logika komputer, tapi sesuai dengan logika mesin pencari dari banyaknya masukan atau usulan yang diketik oleh pengguna. Jadi, jangan terlalu serius... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar