Jumat, 02 Oktober 2009

Mengotak-atik Winamp

Ternyata ada banyak seting software pemutar lagu dan video Winamp yang dapat membuatnya berbeda daripada software lain, kali ini akan saya berikan tipsnya, saya masih menggunakan Winamp versi 5.5 dengan tema Big Bento yang masih gratis.

1. TAMPILAN TRANSPARANT.
Klik kanan pada tempat kosong disebelah menubar "Goto Pro" (Menubar), akan muncul pilihan menu Drop Down.

Pilih menu "Windows Settings" kemudian pilih "Opacity" lalu pilihlah berapa persen anda ingin menampilkan Winamp dalam keadaan tembus pandang. Semakin kecil angka yang dipilih, Winamp akan terlihat lebih Transparan. Menu "paling bawah "Opaque on Focus" akan memberikan efek transparan jika jendela Winamp tidak diklik. Sedangkan menu "Opaque on Hover" akan transparan sekali pointer mouse tidak mendekati jendela Winamp.


2. JENDELA DOCKING.

Docking adalah menempatkan Winamp pada sudut layar tertentu, namun dalam hal ini penempatannya dapat diatur agar tersembunyi dan otomatis muncul jika penunjuk Mouse menghampiri sudut penempatannya, tanpa harus mengklik mouse. Maksudnya sama seperti melakukan "Minimize" dan "Maximize", tetapi tidak tersembunyi di "Taskbar" yang ada dibawah. Cara seting Docking adalah klik kanan ditempat kosong menubar, pilih menu "Windows Settings" dan pilih "Docked Toolbar", centangkan pilihan "Top" jika anda ingin menempatkan Winamp diatas dan "Bottom" dibagian paling bawah layar.

3. TEKS BERJALAN PADA TASKBAR.

Pilih menubar "Option" kemudian klik "Preferences", jendela baru akan muncul kemudian klik menu "General Preferences" dan beri tanda centang menu "Scroll title in the Windows taskbar", lalu klik tombol "Close".


4. NOTIFIKASI.
Sebuah kotak kecil akan muncul jika berpindah dari satu lagu ke lagu yang lain, dan menampilkan Judul lagu serta informasi lain. Munculnya hanya sementara, karena itulah dinamakan notifikasi.

Klik menu "Option" lalu pilih "Notifications", beri tanda centang pada menu "Show Always" dan kotak kecil pemberitahuan akan muncul dalam 3 detik, untuk memperlihatkan judul lagu yang akan dimainkan. Masih dimenu "Notification", seting pilihan "Location" untuk menempatkan dimana kotak notifikasi tersebut akan muncul.

Pilihan "Fade in Effect" dan "Fade out Effect" akan merubah cara kotak notifikasi tersebut muncul, "Alpha Fade" akan membuat kotak notifikasi perlahan-lahan muncul dan menghilang secara transparan. "Vertical Fade" akan memunculkan kotak notifikasi dari bawah ke atas, dan "Horizontal Fade" dari samping.

5. EDITING TAG LAGU.
Tag lagu adalah informasi yang ada pada lagu, untuk ditampilkan berupa Judul lagu, Artis, Album, dan informasi lainnya yang tersimpan pada file lagu tersebut. Ada dapat merubah informasi Tag lagu format mp3 yang anda mainkan di Winamp, caranya klik menu "File" dan pilih "View file info...".

Sebuah jendela "File Info" akan muncul, menu "Basic Info" adalah lampiran untuk informasi utama lagu tersebut, seperti Judul, Artis, Album, dan lain-lain yang bisa anda edit. Menu "Artwork" berfungsi menampilkan gambar sampul album dari lagu yang dimainkan, anda dapat mengganti dengan foto wajah anda sendiri jika anda mau.

Menu "ID3v1" hampir sama dengan menu "Basic Info" bedanya setingan ID3v1 dapat dibaca oleh pemutar mp3 versi lama, untuk menampilkan informasi lagu seperti judul lagu, artis, album, tetapi informasi yang dapat disimpan tidak sebanyak dan fleksibel menu "ID3v2" yang khusus untuk pemutar lagu produksi terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar